RSS Feed

Memulai Projek dengan Zend Framework

Posted on

Sebelumnya, saya telah membuat sebuah sistem transaksi obligasi yang digunakan di divisi Debt Capital Market di Danareksa Sekuritas. Sistem tersebut saya kasih nama: Bond Cloud. Kenapa dinamain Bond Cloud? Karena memang lagi ngetrend (saat ini) istilah Cloud di dunia IT. Juga, karena data transaksi tak perlu lagi disimpan di tiap komputer broker. Data cukup disimpan di jaringan.

Karena pembuatan Bond Cloud ini diuber-uber waktu dan harus jadi dalam dua bulan, maka Bond Cloud ini hanya menggunakan PHP dan MySQL. Saya juga mengambil modul dari PHPMembers untuk menangani masalah user management. Untuk menghitung yield saya menggunakan class COM Microsoft Excel, karena di Excel sudah ada formula yield sendiri jadi tinggal ngambil saja. Sementara di PHP masih ada serangga mengenai pengolahan tanggal, sehingga saya kesulitan membikin UDF Yield (sudah sukses sih bikin UDF Yield pake cara lain tapi masih ada kesalahan algoritma).

Sesuai dengan rencana, saya akan menggunakan MVC untuk mengembangkan Bond Cloud seiring dengan kebutuhan perusahaan untuk mempublish layanan Bond Cloud ke klien. Artinya, Bond Cloud akan eksis di dunia internet. Setelah mempelajari, memilih-milih MVC (meskipun ga terlalu serius milihnya), akhirnya MVC yang beruntung saya gunakan adalah Zend Framework. Kenapa?

Kenapa menggunakan Zend Framework (ZF)?
Pertama, Zend Framework dibikin oleh pembuat PHP, Zend. Bisa diartikan, keberlangsungan hidup ZF akan sama dengan hidup PHP. Kedua, kalau mau serius dan memamerkan diri jago ZF, ada sertifikasi untuk Zend Framework. Ketiga, saya jatuh cinta sama Adobe Flash Builder for PHP. Dengan aplikasi itu, kita bisa bikin aplikasi website berdasarkan ZF dan aplikasi mobile di banyak smartphone hanya dengan program yang sama.

Untuk itu, saya download dan install Zend Server CE dan install Adobe Flash Builder for PHP. Saya juga beli buku ZF dan sudah coba menyicipi contoh programnya. Untuk memulai serius project Bond Cloud ini, saya akan menuliskannya di blog ini. Karena Adobe Flash Builder for PHP 4.5 ini trial 60 hari, maka saya harus menyelasaikan Bond Cloud menggunakan poduknya Zend ini hanya dalam dua bulan saja. Bismillaah…

About mangkum

Models maker and fans: building view-controller-models, financial models, statistical models and a fan of super models.

3 responses »

  1. Kamu itu nulis apa,,,kaya orang goblog aja.

    Reply

Leave a Reply

