RSS Feed

Creating an Online 3D Game

Posted on

Pas saya kecil, saya hobby banget menggambar, khususnya bikin sketsa. Kalau mewarnai ga punya bakat. Tapi setelah diajarin ya bisa juga. Waktu itu rasanya menyenangkan banget menggambar dan selalu asyik ngikutin acara Pak Tino Sidin di TVRI. Apalagi di TK, daripada nyanyi, saya mendingan ngegambar aja deh. Salah satu profesi yang tersirat ketika itu adalah menjadi arsitek. Hm…

Namun dalam perjalanan kehidupan saya, sekolah umum (SD, SMP dan SMA) yang mungkin tipikal di Indonesia tidak terlalu berfokus pada mengembangkan otak kanan, otak kraetif, tetapi malah lebih mengolah otak kiri. Gampang aja, kalau saya sebut murid yang pintar, apakah dia orangnya yang jago gambar atau matematika?

Ilmu pasti, matematika dan IPA, sejak SD, saya samgat menyukainya. Selalu bagus lah nilai kedua mata pelajaran itu. Kesenangan terhadap menggambar menjadi pudar. Otak kiri saya malah yang berganti menjadi dominan. Dan jadilah saya sekarang ini… Analyst!

Weekend lalu, ketemu temen yang lulusan Arsitek terbaik ke-2 atau ke-3 di Indonesia. Ngobrol sekilas mengenai industri design. Menarik juga. Untuk sopwernya, dia senang menggunakan Google Sketchup (ada yang versi free nya) karena sangat simpel dan enak untuk dipake demo ke klien. Sementara 3D Studio Max lebih komplek dengan fitur yang melimpah. Untuk menggambar kursi melengkung dengan mulus, maka pilihannya adalah Max. Renderingnya pun jauh lebih baik di Max.

Selain bikin objek 3D, sebetulnya saya lebih kepo gimana bikin game 3D. Ternyata ada sopwernya sodara-sodara. Bikin game 3D di Windows itu sangat gampang. Oh ya, Windows selain dipake untuk enterprise, adalah OS untuk para gammer kelas berat. Jadi kalau mau bikin game serius ya cukup bikin di Windows aja. Sopwernya gratis sampai bego. Namanya 3D Rad.

3D Rad

3D Rad

Semalem saya coba ikutin tutorialnya yang sangat melimpah… Wuih gampang banget ternyata. Dia udah nyediain objek mobil, pesawat dan manusia. Propertinya udah ada semua, kita tinggal nyambung2in ke mesh yang kita bikin (yang ada). 3D Rad juga nyedian plug in buat Sketchup untuk export objek ke 3D Rad. Kalau game udah selesai, gamenya bisa di-compile menjadi bisa dimaenin di browser. Bukan 3D Rad, tapi ada yang bikin, yakni Osakit. Masalah Osakit adalah, game di browser baru bisa jalan setelah berhasil mendownload file OSA yakni file game yang ukurannya bujubuneng, bisa 30MB-an. Hahaha….

Segitu dulu deh sharing dari saya malam ini untuk Right Neuro. Salam otak kanan!

About mangkum

Models maker and fans: building view-controller-models, financial models, statistical models and a fan of super models.

Leave a Reply

